Selasa, 11 Desember 2012

Handycam bagus untuk produksi film pendek

Hai filmmania..

Masih terus berkarya membuat film kan? Atau minimal mengapresiasi karya film..
Barusan saya membaca artikel Yahoo berikut ini nih, yang saya rasa sangat bagus untuk pengetahuan rekan semua.
Handycam ini cocok dijadikan ‘senjata’ kala berkarya..

Sony Handycam HDR-XR260VE

Hampir semua produk teknologi modern telah dilengkapi kemampuan perekaman video. Tapi tetap saja ada beberapa fungsi dan fitur camcorder yang masih dibutuhkan. Sebagai pemimpin pasar, Sony masih terus mengembangkan jajaran Handycam dan salah satunya adalah Sony Handycam HDR-XR260VE berikut ini.

Konsep dan desain
Sony Handycam HDR-XR260VE memiliki bodi relatif besar namun sangat pas di tangan. Sejumlah tombol navigasi menempel di seluruh bodinya dengan penempatan tombol yang sangat mudah dijangkau. Pada bagian atas tersedia tombol zoom, tombol shutter untuk mengambil foto, tombol mode untuk beralih dari modus video ke foto dan pada bagian belakang tersedia tombol untuk memulai rekam video.

Layar putar yang dimilikinya hadir dalam ukuran 3 inci dan telah dilengkapi dengan teknologi layar sentuh. Berkat layar sentuh tersebut berbagai pengaturan dan pemilihan menu dapat dilakukan dengan lebih mudah tanpa harus direpotkan dengan navigasi memanfaatkan tombol fisik.

Port konektivitas yang dimilikinya juga cukup lengkap. Anda dapat menemukan port HDMI, port audio, DC In, A/V R, dan telah dilengkapi dengan kabel USB langsung yang dapat bersembunyi di bagian tali genggaman. Sementara di bagian bawah, tersedia slot kartu memori yang cukup berguna untuk menambah kapasitas ruang penyimpanan internal yang sebenarnya sudah cukup besar yaitu 160 GB.

Fitur
Sony Handycam HDR-XR260VE memiliki beberapa fitur yang membuatnya lebih baik dari para pesaing sekelas. Pertama kemampuan zoom lensa. Handycam ini sanggup melakukan optical zoom 30x dan 55x extended zoom. Kedua adalah fitur optical Steady Shot dengan Active Mode. Inilah menurut kami keistimewaannya. 

Fitur ini hadir dengan mengusung teknologi 3-Way Shake Cancelling, yang memungkinkan video tetap mulus meski diambil saat pengguna sedang berjalan atau pada posisi zoom maksimal. Untuk membuktikan kedua fitur unggulan yang dimilikinya ini dapat Anda lihat pada video berikut.

Pada contoh video berikut, pengambilan video dilakukan tanpa bantuan tripod. Dapat Anda lihat, pergerakan lensanya dalam melakukan zoom sangat baik dengan pergerakan yang cukup halus. Dari memulai melakukan zoom hingga pada posisi zoom maksimal, HDR-XR260VE dapat menghasilkan rekaman bebas blur akibat pergerakan tangan. Fitur berguna lainnya adalah tersedianya modul GPS yang cukup berguna untuk membantu Anda memberikan informasi tempat pengambilan video dan foto.

Kinerja
Untuk menghasilkan video, Sony Handycam HDR-XR260VE mengandalkan lensa Sony G dengan dukungan prosesor BIONZ andalan Sony untuk memberikan kinerja yang lebih responsif. Sama seperti kamera saku model terkini yang hadir dengan ukuran sensor lebih besar, di atas kertas kinerjanya memang akan lebih baik di kondisi yang minim cahaya. 

Pada video berikut, kondisi ruangan cukup gelap dengan tata lampu yang warna-warni. Dan ternyata Sony Handycam HDR-XR260VE mampu menaklukkan kondisi cahaya tersebut dengan baik. Seperti terlihat pada versi 1080p, hasil video tetap tajam dengan akurasi warna dan eksposur yang terjaga meski banyak efek lampu yang terekam di dalamnya. Hasil rekam suaranya juga cukup baik dengan hasil suara stereo yang jelas terdengar.

Selain dapat mengambil video, Sony Handycam HDR-XR260VE dapat digunakan juga untuk mengambil foto dengan resolusi maksimal 8,9 MP. Meski hasil fotonya tergolong biasa saja dan sangat tergantung kondisi pencahayaan, warna yang dihasilkan cukup akurat. Ditambah dengan dukungan teknologi Pixel Super Resolution yang dimilikinya, Anda juga masih dapat menghasilkan foto pada posisi zoom dengan hasil yang tetap terjaga ketajamannya. Hasil fotonya dapat dilihat di sini.

Kesimpulan

Ukuran yang ringkas, kemampuan rekam video pada format Full HD dan segudang fitur yang dimilikinya cukup membuat handycam ini layak untuk dibeli. Harganya memang tergolong premium (Rp 7.210.000). Namun hal tersebut sebanding dengan kemapuan rekam videonya yang baik, kapasitas ruang penyimpanan 160 GB yang cukup besar dan sejumlah fitur yang tidak akan temukan di kamera video lain sekelasnya.

KELEBIHAN:
+ Bentuk ringkas
+ Mudah digunakan
+ Kapasitas ruang penyimpanan cukup besar
+ Kemampuan zoom sangat baik
+ Hasil video amat baik di segala kondisi.

KEKURANGAN:

- Harga premium
- Tidak dilengkapi lampu LED untuk flash

 dicopy dari artikel Yahoo pada Senin 10 Desember 2012 karya Sdr. Kristian Tjahjono.

0 komentar:

Posting Komentar