Rabu, 08 Januari 2014

iLearn@america - Filmmaking Workshop with Monty Tiwa


 
Salam film mania..

Skenario adalah dasar atau fondasi dimana bangunan film berdiri. Sebagus apapun eksekusi di lapangan, biasanya sebuah film tak akan berhasil menjadi sebuah karya yang menarik bila mengabaikan penulisan skenario yang baik. Bahkan, film itu jadi saja sudah sebuah hal yang luar biasa.
Salah satu contoh adalah diri saya sendiri, yang terlibat dalam produksi sebuah film pendek karya seorang teman. Teman saya tersebut memiliki ide cerita yang bagus, juga sangat ahli dalam videografi. Tapi ia terbiasa dengan cara berpikir 'bagaimana nanti di lapangan saja'. Terbukti, selama setahun lebih hingga sekarang, film yang mungkin kalau jadi hanya berdurasi sekitar 5 menit tersebut tak juga rampung. Dia bahkan ingin syuting ulang, karena memiliki konsep baru yang menurut pendapatnya lebih bagus. Tidak efektif dan membuang-buang sumber daya bukan? mengingat saat syuting dulu dilakukan juga sudah mengeluarkan energi, biaya dsb. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita para filmmaker wannabe, untuk memahami tentang skenario. Termasuk cara pembuatan/penulisannya.
Tak harus menjadi ahli memang, bila anda tertarik di bidang filmmaking yang lain. Namun akan sangat bermanfaat bila kita minimal mengetahui sedikit seputar cabang ilmu film yang satu ini.
Beragam cara untuk mendapatkan keahlian menulis skenario. Bisa membeli buku, browsing-googling di internet, atau ikutan workshop.
Berikut ini saya menemukan video ilmu yang sangat bermanfaat. Sebuah workshop yang diadakan oleh @america, yang mengundang penulis skenario & sutradara Monty Tiwa.

Tak hanya skenario, juga dibahas hal-hal lain dalam workshop ini, kendati Monty Tiwa lebih dulu dikenal sebagai penulis skenario pada awal karirnya.









So, terima kasih untuk channel Youtube, iLearn@america & bung Monty Tiwa
dan bagi para film mania, selamat menikmati hidangan ilmu yang bermanfaat.. :-)


0 komentar:

Posting Komentar