Rabu, 20 Oktober 2010

Profil Hanung Bramantyo

gemintang.com

Hanung Bramantyo adalah seorang sutradara muda yang termasuk jajaran filmmaker terkemuka negeri ini. Lewat karya-karyanya seperti Brownies, Jomblo, Ayat-Ayat Cinta, Perempuan Berkalung Sorban, Menembus Impian, Get Married 1 & 2 & Sang Pencerah Hanung membuktikan eksistensinya sebagai sutradara yang piawai membesut tema-tema cinta, idealisme, perjuangan hidup bahkan agama secara populer, inspiratif dan mudah dipahami semua kalangan, tanpa terjebak membuat film menjadi terasa ‘berat’ oleh pesan moral.


Berbicara tentang tema film-film Hanung, nampaknya hal ini sedikit banyak dipengaruhi oleh atmosfer religius yang cukup kental di lingkungan tempatnya dibesarkan, yang membentuk pola pikir dan kepedulian Hanung akan berbagai realitas sosial yang perlu dikritik dan diambil inspirasi untuk berubah dari padanya. Sebagai contoh pada film Menembus Impian, Hanung menampilkan tokoh seorang gadis yang berjuang untuk keluar dari kungkungan kemiskinan dan nasib buruk yang mendera keluarganya dengan cara menjadi distributor sebuah perusahaan Multi Level Marketing. Sebuah cara yang pada dunia nyata memang cukup berhasil mengangkat ribuan orang menuju perbaikan taraf hidup, dari kondisi yang terlihat sangat tidak mungkin sekalipun. Dengan penuh cinta pada ibunya yang sakit, tokoh yang diperankan oleh Acha Septriasa itu menghadapi segala tantangan hidup yang berat, yang memang nyata di masyarakat kita. Atau bisa dilihat juga di Sang Pencerah. Film yang mengisahkan tentang Ahmad Dahlan sang pendiri Muhammadiyah itu begitu kental dengan nilai-nilai positif tentang kemanusiaan dan perjuangan menegakkan idealisme, dalam bingkai agama (Islam).

Hanung, kelahiran Yogyakarta 1 Oktober 1975, mulai banyak dikenal publik setelah terlibat dalam pembuatan serial “Anak Seribu Pulau” bersama yayasan SET pimpinan Garin Nugroho. Selain karya-karya yang telah disebutkan diatas, “anak emas” almarhum Teguh Karya ini juga telah banyak membuat karya lain, baik sebagai sutradara maupun sekalian menulis skenarionya. Diantaranya:

- Film pendek : Ketika, Surya Menggapai Maharani, Tlutur, Topeng Kekasih, Islam itu apa?dsb.

- Sinetron & FTV : Gelas-Gelas Berdenting, Sahabat Malam, Malam Pertama (8 episode),

Kidung, dsb.

- Doku drama : profil Soekarno, Sutan Syahrir & Jusuf Kalla

Mengenai penghargaan, sudah banyak yang diterima oleh sineas lulusan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) ini. Satu yang paling terkenal mungkin sebagai Sutradara terbaik pada Festival Film Indonesia 2005 lewat film Brownies.

Hanung menikah dengan aktris Zaskia Addya Mecca, memiliki 2 anak, dan sampai saat ini terus berkarya memproduksi film.

0 komentar:

Posting Komentar