Rabu, 17 Oktober 2018

Seputar MISSION IMPOSSIBLE.., Film Franchise yang Semakin Dahsyat Seiring Waktu!


en.wikipedia.org
Belum lama ini kita kembali disuguhi film action yang super keren ya. Salah satu dari beberapa film franchise kelas dunia, yaitu Mission: Impossible - Fallout.
Film yang luar biasa, yang semakin banyak sekuelnya diproduksi malah justru makin bagus. Makin meningkat kualitasnya.
Nah, kali ini saya ingin mengajak kalian atau menyegarkan memori kalian tentang film franchise ini. Siapa kreatornya, bagaimana sejarahnya, bagaimana film ini diproduksi, ringkasan jalan cerita dan tentu; para pemeran utamanya.
Yuk, simak..

SEJARAH
MI cast di th 1970 - Wikimedia Commons
Mission: Impossible (saya singkat MI ya) awalnya adalah film seri televisi Amerika yang ditayangkan di stasiun televisi CBS dari September 1966 sampai Maret 1973 dan kemudian kembali di stasiun ABC dari 1988 sampai 1990. Ceritanya adalah mengenai kelompok Impossible Mission Force (IMF) yang terdiri dari sejumlah agen rahasia. Mereka dikirim ke berbagai misi untuk menumbangkan diktator dan organisasi kejahatan. Dalam misi ini mereka menggunakan berbagai teknologi canggih dan bergerak secara rahasia tanpa melibatkan banyak orang. Pada setiap episodenya, dikisahkan bahwa pimpinan para agen tersebut menerima perintah tugas melalui pesan rahasia dalam kaset audio yang akan hancur dalam hitungan detik setelah diterima.

Pada tahun 1996, 2000, 2006, 2011, 2015 dan 2018, Tom Cruise membintangi dan memproduksi film- film layar lebar yang berjudul sama dan mengambil banyak unsur cerita film seri ini. Ia berperan sebagai Ethan Hunt, agen lapangan senior.

KREATOR
Cerita MI diciptakan, ditulis, dan diproduksi versi televisinya oleh Bruce Geller.
Lagu temanya yang digubah Lalo Schifrin sangat terkenal bukan saja bagi penggemar film dan televisi tetapi juga dalam budaya pop.

TEMA CERITA FILM
Untuk versi filmnya, MI berfokus pada aksi Ethan Hunt dan timnya dari IMF dalam menyelesaikan berbagai misi berat nyaris mustahil, menghancurkan berbagai sindikat kejahatan di berbagai negara. Tim ini terdiri dari beberapa orang, dengan 2 tokoh yang paling sering turut serta adalah Luther Stickell (Ving Rhames) dan Benji Dunn (Simon Pegg).

Mission: Impossible (1996)
Ethan Hunt dijebak atas pembunuhan tim IMFnya selama misi yang gagal di Praha dan dituduh menjual rahasia pemerintah kepada agen senjata yang hanya dikenal sebagai "Max". Dalam pelarian, Ethan berusaha untuk mengungkap pengkhianat yang sebenarnya dan membersihkan namanya.
Film ini disutradarai oleh Brian De Palma.

Mission: Impossible 2 (2000)
Ethan mengirimkan pencuri internasional Nyah Nordoff-Hall (Thandie Newton) menyamar untuk menghentikan agen IMF jahat dan mantan kekasih Nyah, Sean Ambrose (Dougray Scott) mencuri virus mematikan untuk memulai pandemi dan menjual obat penawarnya kepada penawar tertinggi.
Film ini disutradarai oleh John Woo.

Mission: Impossible III (2006)
Ethan memimpin timnya untuk menghadapi perantara senjata dan informasi Owen Davian (Philip Seymour Hoffman) yang berniat untuk menjual objek berbahaya misterius yang dikenal sebagai "Kaki Kelinci". Film ini disutradarai oleh J.J. Abrams.

Mission: Impossible - Ghost Protocol (2011)
Ethan dan seluruh IMF disalahkan atas pemboman Kremlin saat sedang menyelidiki seorang individu yang hanya dikenal sebagai "Cobalt" (Michael Nyqvist). Dia dan tiga agen lainnya dibiarkan untuk menghentikannya memulai perang nuklir global.
Film ini disutradarai oleh Brad Bird.

Mission: Impossible - Rogue Nation (2015)
Ethan Hunt berada di bawah ancaman dari Syndicate, sebuah organisasi yang nyaris mirip mitos. Dihadapkan dengan pembubaran IMF, Hunt mengumpulkan timnya untuk misi mereka  membuktikan keberadaan Syndicate dan menjatuhkan organisasi itu dengan cara apa pun yang diperlukan. Film ini disutradarai oleh Christopher McQuarrie.

Ethan dan tim yang gagal melindungi inti plutonium dari pencurian, menempuh jalan yang berat untuk merebutnya kembali. Dibayangi pengkhianatan seorang agen CIA yang seharusnya menjadi partnernya, Ethan bekerja keras merebut kembali plutonium sekaligus menangkap kembali gembong Syndicate yang sempat lolos. Film ini juga ditulis dan disutradarai oleh Christopher McQuarrie.

FAKTA UNIK & MENARIK
ØTom Cruise memerankan sendiri sebagian besar adegan berbahaya dalam semua film MI ini. Beberapa diantaranya yang paling memorable adalah:

Bergelantungan di gedung tertinggi dunia, Burj Khalifa di Dubai-Uni Emirat Arab, dalam Ghost Protocol. Hanya diikat kawat baja tipis (yang nantinya dihapus secara digital), Tom memanjat tepian gedung setinggi ratusan meter dari atas tanah. Hal yang sangat mengerikan ya, sedangkan untuk melihat pemandangan dibawah saja sebagian besar orang sudah merasa pusing. Apalagi ini merayap, lari secara tegak lurus menuju kebawah (!), sampai berayun-ayun.. DAHSYAT!

Bergelantungan di pesawat yang sedang lepas landas, dalam Rogue Nation.
Tom harus berpegangan erat di pintu pesawat, seraya pesawat take off, dengan hanya seutas tali baja sebagai pengamannya.
Kejar-kejaran dengan motor balap, dalam Mission: Impossible 2 dan Fallout
Ngebut dengan kecepatan sangat tinggi, jumping, zig-zag diantara keramaian lalu lintas..
Dan banyak lagi..

Hal yang paling membuat ini menjadi luar biasa adalah, bahwa Tom Cruise saat melakukan beberapa diantara adegan-adegan tersebut, sudah berusia diatas 50 tahun!
Sungguh stamina yang luar biasa ya, mengingat pada usia segitu biasanya manusia jangankan beradegan laga yang dahsyat, untuk berlari seratusan meter saja banyak yang terengah-engah. 😅

ØIMF pada serial televisinya adalah agensi independen, sementara untuk versi filmnya adalah agensi milik pemerintah Amerika Serikat.

ØTom Cruise memerankan agen Ethan Hunt. Walaupun begitu, sebenarnya tak ada karakter Ethan Hunt dalam versi serial TVnya.

ØDalam versi serial televisinya, dikisahkan bahwa pimpinan tim IMF menerima perintah tugas melalui pesan rahasia dalam kaset audio yang akan hancur dalam hitungan detik setelah diterima. Sedangkan pada versi filmnya perintah tugas diberikan melalui media yang berbeda-beda. Misalnya melalui kacamata khusus yang ditempatkan didalam wadah serupa peluru yang ditembakkan ke atas tebing tinggi (MI 2), kamera saku (MI III), telepon umum (Ghost Protocol), hingga piringan hitam (Rough Nation).


BERTABUR WANITA-WANITA JELITA 
Tanpa wanita cantik, film aksi terasa belum lengkap. Berikut ini beberapa wanita yang tampil dalam film-film MI:
- Emmanuelle Beart
Aktris Perancis ini membintangi film MI pertama, berperan sebagai istri Ethan sekaligus sesama anggota IMF, yang kemudian berkhianat dan terbunuh.
Thandie Newton & Michelle Monaghan
gambar dari Gage Skidmore Wikipedia & Wikimedia Commons
- Thandie Newton
Membintangi MI 2, Thandie berperan sebagai pencuri internasional Nyah Nordoff-Hall, yang menyamar untuk menghentikan agen IMF jahat dan mantan kekasihnya, Sean Ambrose mencuri virus mematikan.
- Michelle Monaghan
Membintangi MI III, Ghost Protocol & Fallout, Michelle berperan sebagai perawat sekaligus tunangan Ethan. Namun demi keselamatan jiwanya, Ethan merelakan Michelle pergi dan menjalin kasih dengan pria lain di kehidupan yang ‘normal’.
Maggie Q & Paula Patton
gambar dari Flickr & Gage Skidmore
- Maggie Q
Membintangi MI III, aktris Amerika keturunan Vietnam ini berperan sebagai Zhen Lei, salah satu anggota tim Ethan.
- Paula Patton
Membintangi Ghost Protocol, Patton berperan sebagai Jane Carter salah satu anggota tim Ethan.
Lea Seydoux & Rebecca Ferguson
gambar dari Wikipedia & Wikimedia Commons
- Lea Seydoux
Membintangi Ghost Protocol, Lea berperan sebagai Sabine Moreau, seorang pembunuh bayaran yang akhirnya tewas di tangan Jane Carter.
- Rebecca Ferguson
Membintangi Rough Nation dan Fallout, aktris Swedia ini berperan sebagai Ilsa Faust, seorang agen CIA yang disisipkan kedalam Syndicate.

Gimana, cantik-cantik kan semuanya? 😍
Tidak kalah ya, dengan Bond's girl 😙

PENDAPATAN
Serial film ini telah menerima sambutan positif dari para kritikus dan merupakan seri film terlaris ke-16 sepanjang masa, dengan pendapatan kotor (gross) di seluruh dunia lebih dari $ 3,5 miliar hingga saat ini.

Demikian sobat filmmania, sekilas mengenai salah satu franchise film paling laris sepanjang masa. Mudah-mudahan film-film MI berikutnya semakin seru lagi.

Semoga bermanfaat ya..

0 komentar:

Posting Komentar