Senin, 15 Oktober 2018

Mengenal KAMERA FILM..

Jutaan film sudah dibuat orang sejak teknologi pembuatan gambar bergerak ini diperkenalkan pada awal abad 20. Kamera film sebagai alat produksi yang vital sudah banyak mengalami perkembangan sejak itu. Artikel kali ini ingin sekilas membahas mengenai kamera jenis ini. Dari pengertian, sejarah sampai pada perkembangan teknologinya. Silahkan simak ya guys.. ๐Ÿ˜Š

Pengertian
Secara sederhana, kamera film adalah kamera khusus untuk membuat film. 
Ya iyalah.. ๐Ÿ˜…
Kamera ini mampu merekam serangkaian gambar tunggal (gambar still atau dalam dunia film disebut frame) secara cepat, sehingga rangkaian gambar tersebut tertampil sebagai gambar bergerak. Gambar bergerak ini yang disebut film. Beda dengan kamera foto, yang hanya mampu merekam 1 gambar dalam 1 waktu.

Sejarah
Terdapat beberapa tokoh yang berjasa mempelopori penemuan dan perkembangan cikal bakal kamera film. Mereka ini diantaranya adalah Francis Ronalds (Inggris), Wordsworth Donisthorpe (Inggris), Louis Le Prince (Perancis), William Friese-Greene (Inggris), William Kennedy-Laurie Dickson (Skotlandia), Charles Moisson (Perancis), Kazimierz Proszynski (Polandia), Leon Bouly, serta tentu Lumiere bersaudara (Perancis).

Sebagian gambar bergerak pertama yang berhasil direkam adalah suasana di jembatan Leeds dan suasana di Taman Roundhay (Roundhay Garden Scene) di Inggris, direkam oleh Louis Le Prince pada tahun 1888 menggunakan kamera lensa tunggal hasil karyanya sendiri. Roundhay Garden Scene ini dipercaya merupakan rekaman film tertua yang masih ada hingga sekarang.


Kamera pertama yang bisa dioperasikan dengan kedua tangan atau hand held, adalah Aeroscope yang dibuat dan dipatenkan oleh Kazimierz Proszynski, antara tahun 1909-1911.
Aeroscope - wikipedia.org

Lumiere bersaudara membuat gebrakan bersejarah dengan menayangkan 10 buah rekaman film pendek kepada publik pada 28 Desember 1895. Film-film itu dibuat dengan menggunakan sebuah kamera yang dinamakan Cinematographe, yang dibuat oleh Leon Bouly.
Cinematographe ini selain sebuah kamera, juga memiliki fungsi lain sebagai proyektor serta printer.
Cinematographe - wikipedia.org

Semua kamera diatas masih hanya mampu merekam gambar semata, belum mampu untuk merekam suara sekaligus. Kamera pertama yang mampu untuk merekam suara bersamaaan dengan gambar adalah Vitaphone, yang merekam film bersuara pertama ‘The Jazz Singer’ pada tahun 1927.
Jadi sebelum itu, untuk melengkapi film bisu saat ditayangkan di bioskop, disertakan live musik orkestra atau organ teater, kadang-kadan sound effects atau bahkan komentar dari aktor atau pemutar film. Lucu ya.. tapi epic ini ๐Ÿ˜Š
Vitaphone - wikipedia.org

Sampai tahun 2000an, semua film di shoot menggunakan kamera dengan pita seluloid sebagai media rekamnya.
Baru pada tahun 2010an, teknologi digital pada kamera mulai digunakan secara luas.

Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) adalah salah satu varian kamera yang sangat banyak digunakan untuk memproduksi video pada saat ini. Produsen terbesar dari produk ini adalah Canon, Nikon, Leica dan Sony.
Sementara untuk segmen film, produsen terbesar kamera digital adalah Arri, Red Digital Cinema, Sony, Blackmagic Design dan Panavision.

RED Camera - Flickr

Perkembangan Teknologi
Kamera film yang diproduksi sebelum Perang Dunia II sering menggunakan format film seluloid 9,5 mm. Format jenis lain misalnya 8mm, 16mm, dan 35 mm.

Seperti sedikit disinggung diatas, kamera film menangkap serangkaian gambar-gambar still dalam satu waktu. Selanjutnya nanti di bioskop, proyektor memutar gambar-gambar itu dengan kecepatan tertentu yang disebut fps (frame per second). Pada tingkatan kecepatan tertentu itulah, mata dan otak manusia menangkapnya sebagai ilusi gambar bergerak.

Kamera film awal ditempatkan ke kepala tripod dengan hanya perangkat leveling yang sederhana. Kamera-kamera ini lalu disesuaikan posisinya selama pengambilan gambar, dan gerakan kamera pertama adalah hasil pemasangan kamera pada kendaraan yang bergerak. Lumiรจre bersaudara mengambil adegan dari bagian belakang kereta pada tahun 1896.


Pada tahun 2010an, era digital dimulai.
Jadi kalau sebelumnya film direkam menggunakan pita seluloid, maka dengan sistem digital data direkam secara elektronis. Sistem ini dengan cepat mengubah cara pembuatan film. Pertama kali digunakan untuk membuat efek khusus dan film animasi, kamera digital menjadi lebih umum di set film pada akhir 1990-an. Pada tahun 2002, film George Lucas, Star Wars: Episode II - Attack of the Clones menjadi film panjang utama pertama yang di-shoot seluruhnya menggunakan kamera digital.

Jadi gambar dan suara ditangkap oleh kamera, lalu diubah menjadi sinyal elektronik. Kemampuan untuk langsung memutar kembali rekaman dan dengan cepat, lalu mentransfernya ke komputer untuk diedit membantu mempercepat waktu pasca produksi.

Standar Industri:

  • Kecepatan frame standar untuk film adalah 24 fps. 
  • Menggunakan pita seluloid selebar 35 milimeter, walaupun ada banyak format film lainnya. 
  • Aspect ratio standar untuk film adalah 1,66, 1,85, dan 2,39 (anamorphic). 
  • Video dalam sistem NTSC (umum dipakai di Amerika Utara dan Jepang) diproduksi dan ditayangkan pada 29.97 fps; sedangkan sistem PAL (umum di sebagian besar negara lain) bermain di 25 fps. Kedua sistem televisi dan video ini juga memiliki resolusi dan pengkodean warna yang berbeda. 
  • Aspect Ratio untuk video adalah 4: 3 (1,33) untuk layar penuh dan 16: 9 (1,78) untuk layar lebar.


Kamera yang banyak dipakai sineas Hollywood:

1. RED Epic Dragon
harga: 26 ribu-50 ribu dollar Amerika
film yang menggunakan kamera ini: Transformer: Age of Extinction, Gone Girl, The Martian, dll.

2. PANAVISION Genesis
harga: 90 ribu dollar Amerika, sudah termasuk lensa tambahan
film yang menggunakan kamera ini: Captain Amerika The First Avenger, Robin Hood, Zombieland, dll.

3. SONY Cinealta F65
harga: 65 ribu dollar Amerika
film yang menggunakan kamera ini: Lucy, Oblivion, Evil Dead, dll.

4. ARRICAM ST
harga: 150 ribu dollar Amerika
film yang menggunakan kamera ini: The Grand Budapest Hotel, The Imitation Game, dll.

5. ARRICAM LT
harga: 175 ribu dollar Amerika
Film yang menggunakan kamera ini: Taken 3, Furious 7, The Big Short, Bridge of Spies, dll.


0 komentar:

Posting Komentar