Kamis, 25 April 2019

MARVEL CINEMATIC UNIVERSE, Jagad Raya-nya Para Pahlawan Super

FandomWire
Hello guys..
Masih tentang film Avengers: Endgame nih!

Seiring hebohnya pemberitaan film Avegers: Endgame saat ini, kemungkinan besar kalian pernah sesekali mendengar tentang istilah Marvel Cinematic Universe (MCU).
Apaan sih arti istilah itu?
Penting nggak sih untuk diketahui sebelum (maupun sesudah) kita nonton Avengers: Endgame?
Well, penting nggak penting sih ya.
Tergantung derajat kefanatikan kalian terhadap film-film superhero Marvel. 😁

Tapi tentu, akan jauh lebih yahud kalo kalian mengerti apa MCU itu. Membuat pemahaman kalian terhadap kisah Avengers: Endgame menjadi lebih lengkap, sehingga menonton pun akan jadi lebih asyik.

Oke, kami coba bahas secara ringkas dan ‘bebas’ ya..
Marvel Cinematic Universe atau MCU adalah sebuah universe/dunia rekaan tempat para superhero keluaran Marvel dikisahkan hidup dan berjuang menegakkan keadilan, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Dalam universe ini peristiwa-peristiwa yang terjadi dan dialami oleh para superhero saling tertaut satu sama lain.
Jadi seperti dunia nyata ya, dimana semua manusia menjalani hidupnya sendiri-sendiri, tetapi tentu kehidupan mereka saling tertaut satu sama lain, antara satu manusia dengan manusia lainnya.
Sebagian besar lokasi dalam MCU mencerminkan tempat-tempat yang memang ada di kehidupan nyata. Banyak karakter utama berbasis di New York City.

Tidak cuma dalam hal kehidupan di jagad fiktif tersebut, MCU juga berarti satu kesatuan sistem bisnis yang berfokus/berinti pada penjualan cerita superhero-superhero Marvel dalam berbagai bentuknya. Baik itu film bioskop, serial televisi, film pendek, buku komik, tayangan di kanal-kanal digital, dll.

MCU ini digagas sekitar tahun 2006-2007 oleh Kevin Feige, seorang produser film yang belakangan menjadi presiden dari Marvel Studios. Ia terinspirasi oleh apa yang dilakukan oleh Stan Lee dan Jack Kirby di dunia komik pada awal 1960an dengan Marvel Universe. 

Untuk film bioskop, ada 4 fase dari MCU ini.
Fase pertama terdiri dari 
üIron Man (2008)
üThe Incredible Hulk (2008),
üIron Man 2(2010),
üThor (2011),
üCaptain America: The First Avenger (2011)
üThe Avengers (2012)

Fase kedua terdiri dari
üIron Man 3 (2013),
üThor: The Dark World (2013),
üCaptain America: The Winter Soldier (2014),
üGuardians of the Galaxy (2014),
üAvengers: Age of Ultron (2015) hingga
üAnt-Man (2015).

Fase ketiga terdiri dari
üCaptain America: Civil War (2016),
üDoctor Strange (2016),
üGuardians of the Galaxy Vol. 2 (2017),
üSpider-Man: Homecoming (2017),
üThor: Ragnarok (2017),
üBlack Panther (2018),
üAvengers: Infinity War (2018),
üAnt-Man and the Wasp (2018),
üCaptain Marvel (2019),
ü Avengers: Endgame (2019), dan
üSpider-Man: Far From Home (2019)
Secara keseluruhan, ketiga fase itu dinamakan The Infinity Saga.

Sedangkan fase keempat adalah film Shang Chi dan 2 film lain yang semuanya masih dalam tahap pengembangan.

Marvel Television memperluas universe ini, pertama ke jaringan televisi dengan Marvel's Agents of S.H.I.E.L.D. di ABC, diikuti dengan streaming online dengan Marvel's Daredevil di Netflix pada 2015 dan web TV series Marvel's Runaways di Hulu pada 2017, dan kemudian ke televisi kabel dengan Marvel's Cloak & Dagger on Freeform pada 2018. Marvel Television juga telah menghasilkan seri digital Agen Marvel dari SHIELD: Slingshot. MCU juga menyertakan komik yang diterbitkan oleh Marvel Comics, sementara Marvel Studios juga memproduksi serangkaian film pendek direct to video yang diberi nama Marvel One Shot’s. Selain itu ada pula serial video WHIH Newsfront yang diputar di Youtube, yaitu sebuah tayangan berita rekaan (seolah-olah berita asli seperti tayangan stasiun2 televisi), untuk keperluan iklan film.

MS Poweruser

Adapun para tokoh yang hidup dalam alam fiksi MCU antara lain adalah:
Captain America, Iron Man, Hulk, Thor, Spider-Man, Black Panther, Doctor Strange, Wolverine, Silver Surfer, Daredevil, Ghost Rider, Punisher dan Deadpool, tim-tim seperti Avengers, X-Men, the Fantastic Four, Midnight Sons, the Defenders, dan Guardians of the Galaxy.
Disamping mereka, sebagai karakter antagonis atau supervillain adalah Galactus, Thanos, Doctor Doom, Magneto, Ultron, Green Goblin, Red Skull, Loki, Doctor Octopus dan Venom.

Sampai saat ini, MCU adalah franchise film terlaris sepanjang masa, setelah meraup lebih dari $ 18,7 miliar di box office global. 😲😲

Demikian tentang Marvel Cinematic Universe.
Semoga Gundala dkk superhero Indonesia bisa dibuatkan juga universe seperti ini ya. Pasti seru..

Thanks for reading.. 🙏😊

0 komentar:

Posting Komentar