Minggu, 12 Mei 2019

Kamera dan Lensa Di Balik Film Marvel Cinematic Universe


Image via Chuck Zlotnick/Disney/Marvel.

Avengers: Endgame masih hangat gaungnya hingga hari ini. Salah satu film terbaik Marvel, yang banyak dikagumi atas pencapaian kualitas teknis maupun artistiknya. Untuk mencapai kualitas tingkat ‘dewa’ seperti itu tentu dibutuhkan berbagai tools produksi alias peralatan syuting, editing, compositing, dll. yang terbaik pula. Pada artikel kali ini kami akan sedikit membahas seputar jenis kamera dan lensa yang digunakan dalam proses produksi film Avengers: Endgame, serta film-film lain dalam Marvel Cinematic Universe.

Produksi film digital telah membuat pilihan lensa merupakan salah satu keputusan paling penting yang dapat dilakukan seorang sinematografer dalam hal desain visual. Mengingat tren baru-baru ini terhadap produksi film large format dan kamera kelas profesional, pilihan lensa bahkan menjadi semakin penting. Para filmmaker mengatakan bahwa sensor kamera saat ini yang lebih besar, menghasilkan pengalaman menonton yang lebih mendalam bagi pemirsa. Hal ini disebabkan perubahan dalam optik dan geometri lensa yang terus dilakukan para pabrikan lensa, untuk mencakup area tangkapan kamera yang lebih luas, serta menghasilkan isyarat kedalaman dan sudut pandang yang dekat dengan penglihatan manusia.

Untuk mencapai kualitas visual yang tinggi seperti itu di film Avengers: Endgame, DOP (Director of Photography) atau sinematografer Trent Opaloch bersama duo sutradara Anthony dan Joe Russo menjatuhkan pilihan pada lensa Panavision Sphero 65 dan Panatar APO.


Panavision Sphero 65
Sedangkan untuk kamera, pilihan dijatuhkan pada kamera ARRI Alexa 65 IMAX. Sebuah kamera digital 65 mm dengan resolusi 6K.
(sekedar info, kamera berkualitas tinggi ini tak dijual oleh produsennya. Melainkan hanya bisa disewa melalui ARRI Rental Group seharga 12 ribu-16 ribu dolar seminggu, berikut asuransinya senilai setengah juta dolar).  😲


ARRI Rental Group
Semua kamera dan lensa tersebut tak hanya digunakan untuk Avengers: Endgame, tetapi juga untuk film sebelumnya yaitu Avengers: Infinity War. Hal ini disebabkan kedua film tersebut di shoot secara back to back (berurutan, dianggap sebagai produksi 1 film) demi meminimalisir biaya produksi.
Selama masa-masa puncak kesibukan syuting Infinity War, Russo brothers pernah menggunakan hingga 12 kamera ALEXA IMAX, untuk menangkap ensemble/barisan para superhero. Hal ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Tetapi, tidak semua film-film superhero dalam MCU menggunakan kamera ARRI Alexa 65 IMAX. Beberapa jenis kamera pernah dipergunakan, tergantung selera masing-masing DOP serta tentunya tantangan khusus yang dihadapi dalam masing-masing film. Berikut ini kamera-kamera yang pernah dipakai dalam film-film MCU, diurut dari yang paling banyak dipakai (1 film bisa memakai lebih dari 1 jenis kamera):
  • ARRI (23 Film)
  • Panavision (8 Film)
  • Phantom (8 Film)
  • RED (7 Film)
  • Canon (7 Film)
  • Photosonics (2 Film)
  • Blackmagic (2 Film)
  • GoPro (2 Film)

Rasanya pemilihan kamera dan lensa diatas adalah pilihan yang sangat tepat, sebab Avengers: Endgame telah terbukti tampil sebagai sebuah karya film yang menakjubkan.



0 komentar:

Posting Komentar